TNI AL dan ATLDB Gelar Latma Helang Laut 2013


4 Februari 2013, Surabaya: Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI Darwanto, S.H, M.A.P membuka secara resmi Latihan Bersama (Latma) antara TNI AL dan AngkatanTentara Laut Diraja Brunei (ATLDB) di gedung Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolatarmatim, Senin (04/02). Latihan bilateral ini menggunakan sandi Helang Laut 14A/13.

Acara dihadiri Komandan Gugus Tempur Laut Wilayah Timur (Danguspurlaarmatim) Laksamana Pertama TNI Arie Soedewo, Para Kasatker Koarmatim, serta utusan Delegasi dari ATLDB yang dipimpin Letkol (L) Pengiran Mohammad Bin Pengiran HJ Damit, Komandan Kapal Diraja Brunei (KDB) Darulaman, Komandan KDB Berkat, dan seluruh peserta Latma dari kedua Negara.

Latihan Bersama Helang Laut adalah latihan yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut dan Tentara Laut Diraja Brunei yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dan memelihara serta menjaga kesiapsiagaan prajurit. Dengan Latihan ini diharapkan juga akan meningkatkan saling pengertian serta hubungan baik antara Angkatan Laut kedua negara.

Dalam sambutannya yang dibacakan Kasarmatim, Pangarmatim menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah sebagai dua negara yang bertetangga baik dalam naungan komunitas ASEAN, Indonesia dan Brunei Darussalam sangat menyadari pentingnya memelihara dan meningkatkan hubungan baik antara kedua negara. Hubungan baik tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai kerja sama, khususnya di bidang militer guna membahas berbagai aspek dan menganalisa masalah keamanan untuk kepentingan bersama, saling tukar informasi tentang profesionalitas dan bentuk kerja sama lainnya.

Pangarmatim juga menyampaikan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjaga hubungan baik sehingga dapat menciptakan hasil yang optimal dan meningkatkan kerja sama antar kedua negara, khususnya bagi TNI Angkatan Laut dan Tentara Laut Diraja Brunei. Menyadari bahwa stabilitas keamanan maritim di wilayah kedua negara adalah salah satu tujuan bersama, maka kerja sama antara angkatan laut kedua negara harus diperkuat dan latihan ini dapat menjadi salah satu cara untuk mencapai hasil yang optimal.

“Latihan bersama Helang Laut 14A/13, harus dilaksanakan dengan serius dan fokus untuk meningkatkan profesionalitas sesuai tugas sebagai angkatan laut guna menjaga dan melindungi negara kita”, kata Pangarmatim.

Rangkaian kegiatan latihan dilaksanakan selama tiga hari (4 - 6 Februari 2013). Kegiatan pada tanggal 4 Februari 2013 meliputi diskusi taktik (Experience Sharing) bertempat di KRI Sultan Hasanuddin-366 dan briefing skenario latihan di ruang Tactical Floor Game (TFG) Puslatkaprang Kolatarmatim. Selanjutnya tanggal 5 dan 6 Februari 2013 pelaksanaan latihan Command Post Exercise (CPX) di ASTT Kobangdikal yang meliputi Tactical Manuvra (Tacman), Surface Raid Reporting Exercise, Air Raid Reporting Exercise, Sub Surface Raid Reporting Exercise, Multi Threat Raid Reporting Exercise dan Blue Red Force (Encountering) Exercise.

Sumber: Dispenarmatim

No comments:

Post a Comment