Indonesia - Spanyol Teken MoU Kerjasama Pertahanan

(Foto: DMC)

15 Februari 2013, Jakarta: Dalam rangka mempererat hubungan diplomasi, khususnya peningkatan hubungan kerjasama di Bidang Pertahanan antara Indonesia dan Spanyol, Rabu (13/2) di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Purnomo Yusgiantoro bersama Menhan Spanyol Pedro Morenes Eulate menandatangani Draft Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama di bidang pertahanan.

MoU peningkatan kerja sama militer Spanyol-Indonesia ini telah digagas kedua negara sejak tahun 2007 lalu, atas kebijakan Pemerintah Spanyol untuk mengembangkan dan meningkatkan hubungan dengan kawasan Asia Pasifik yang diterapkan bukan saja oleh Kemlu tapi juga Kemhan.

Usai penandatanganan MoU, Menhan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan beberapa kerjasama pertahanan dengan cakupan atensi untuk memfasilitasi peningkatan hubungan pertahanan melalui kerja sama teknologi dan pengetahuan, promosi dan melakukan kegiatan pendekatan.

Lebih rinci Menhan RI menjelaskan, bidang Industri kedirgantaraan dalam pengadaan pesawat CN 235, CN 295, dan pesawat terbaru CN 212- 400 juga merupakan bagian dari kesepakatan. Nantinya Pemerintah Spanyol berencana untuk memberikan Lisensi Produk pembuatan pesawat kepada industri pesawat PT. Dirgantara Indonesia.

Ditambahkan Menhan Purnomo Yusgiantoro, dalam MoU tersebut juga disepakati mengenai kerjasama operasi militer selain perang. Salah satunya diungkapkan Menhan adalah kerjasama Humanitarian Assistance dan Disaster Relief. Kerjasama ini dinilai sangat penting karena memadukan kombinasi dari keterlibatan elemen militer dan elemen sipil.

“ Disini kita sama-sama saling belajar untuk bekerjasama tentang operasi militer selain perang khususnya penanganan bencana, karena banyak terjadi bencana di negara kita,” ungkap Menhan.

paya peningkatan kerjasama pertahanan lainnya yang diadakan dimasa datang oleh kedua negara adalah potensi kerjasama Maritim dalam hal pembangunan kapal antara industri strategis di kedua negara.

Turut menyaksikan penandatanganan MoU, Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, Rafael Conde de Saro, Kepala Staf Angkatan Laut Spanyol, Laksamana D. Jaime Munoz-Delgado, kepala Kabinet Laksamana D. Javier Pery Parades. Disamping itu Irjen Kemhan Laksdya TNI Sumartono, Staf Ahli Menhan bidang Keamanan Mayjen TNI Hartind Asrin, Kabaranahan Kemhan Mayjen TNI Ediwan Prabowo, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Puguh Santoso serta para pajabat dijajaran Kementerian Pertahanan RI.

Sumber: DMC

No comments:

Post a Comment