KASAL Uji Coba Dua Kapal Patroli Produksi Dalam Negeri

(Foto: Kolinlamil)

15 Juni 2013, Jakarta: Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Marsetio melaksanakan peninjauan sekaligus mengikuti uji coba (sea trial) dua kapal patroli yang sedang sandar di dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (14/6).

Dua Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 M yaitu KAL II-4-55 Sengiap dan KAL II-I-62 Sinabang, itu merupakan produksi dalam negeri.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal beserta rombongan melakukan patroli singkat di sekitar perairan Teluk Jakarta dengan menempuh waktu kurang lebih satu jam dengan menggunakan KAL II-I-62 Sinabang.

(Foto: Koarmabar)

Kapal patroli itu memiliki kecepatan maksimal 28 Knots dan bobot 60,44 ton ini diproduksi oleh PT. Tesco Indomaritim. Kapal ini dilengkapi senjata mitraliur kaliber 12,7 milimeter dan mempunyai bahan kontruksi aluminium alloy sehingga mampu bermanuver secara lincah.

KAL II-I-62 Sinabang nantinya akan diserahkan ke Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan dan dioperasikan oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Simeule, Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Sedangkan KAL II-4-55 Sengiap akan diserahkan ke Lantamal IV Tanjung Pinang untuk dioperasikan oleh Lanal Ranai, Natuna Kepulauan Riau.

Menurut siaran pers Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), kedua KAL ini nantinya akan bertugas untuk memperkuat kegiatan operasi dalam mengamankan wilayah laut yang menjadi kawasan Lanal Ranai dan Lanal Simeule.

Sumber: Jurnal Parlemen

No comments:

Post a Comment